+62 851-7510-7511 admin@axios.id

Sistem Informasi Desa (SID) merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Pasal 86 tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan. Sistem Informasi Desa (SID) adalah proses dan aplikasi berbasis komputer untuk mengelola informasi di tingkat pemerintah desa untuk mendukung fungsi dan tugas kantor desa, termasuk administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan pengelolaan aset, pengelolaan anggaran, layanan publik, dan lain sebagainya.

Selama ini masih banyak sekali problem yang terjadi dalam pelayanan di desa, padahal untuk keperluan administrasi hampir semua sudah beralih menggunakan komputer. Dalam praktiknya muncul problem baru seperti, menumpuknya arsip-arsip yang tidak terpakai sehingga tidak beraturan bahkan rentan hilang karena virus, terbatasnya penyebaran informasi sehingga masih banyak masyarakat tidak mendapatkan informasi secara jelas, sulitnya akses dalam pengurusan administrasi baik karena jarak tempuh yang jauh atau kesibukan dalam pekerjaan, dan masih banyak problem lainnya. Disamping itu banyak sekali potensi desa yang belum dioptimalkan dengan baik seperti, potensi sumber daya alam, ekonomi, dan pariwisata yang bisa menguntungkan bagi desa tersebut.

SID memiliki banyak macamnya. Sintren SID menggunakan teknologi Panda merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan dengan fokus mengelola data kependudukan dengan beberapa tambahan kemampuan dalam satu paket aplikasi. Sintren SID kami kembangkan untuk membantu perangkat desa mengelola data kependudukan secara terintegrasi. Integrasi yang kami maksud yaitu dapat dikolaborasikan dengan berbagai aplikasi SID lainnya demi terwujudnya pelayanan publik yang lebih efektif, efisien dan handal. Fokus Sintren SID yaitu terciptanya pelayanan prima dalam ruang lingkup pemerintahan kabupaten. Dalam mewujudkan good goverment memang diharapkan segala lapisan pemerintahan untuk melakukan modernisasi administrasi negara dengan mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang tepat guna. Salah satunya adalah dengan menerapkan pemerintahan secara elektronik atau e-government yang dimulai dari tingkat pedesaan. Aplikasi Sintren SID jelas bisa membantu mengoptimalkan potensi desa dan menunjang semua pekerjaan yang dilakukan ditingkat desa, serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat desa saat ini. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Sintren SID yaitu, menjadi alat bantu dalam pengambilan keputusan di desa,mempercepat pelayanan administrasi kepada warga di desa, memvalidkan data penduduk, menyajikan informasi akurat tentang kondisi warga desa, mengintegrasikan data desa ke desa lain, ke kecamatan, ke kabupaten, atau sebaliknya, dan tersedia versi offline agar tetap dapat bekerja di jaringan internet terbatas, namun tetap dapat sinkronisasi data.